Kamis, 04 Februari 2010

Kisah Sukses Situs Toko Online Amazon.Com

Amazon.com ialah toko online yang menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer dan barang lain. Merupakan toko online terbesar untuk saat ini. Pada awalnya terjadi pada bulan Mei tahun 1994. Seorang lelaki berusia 30 tahun sedang duduk di depan kantor di gedung lantai 39 di pusat kota Manhattan, yang sedang mengeksplorasi teknologi yang masih sangat muda yaitu Intenet. Kemudian, ia melihat dengan hampir tidak percaya, bahwa Internet sedang mengalami angka pertumbuhan sebesar 2300% setiap tahun. Angka tersebut bagaikan membangunkan Jeff Bezos dari tidur sehingga membuatnya berpikir keras untuk menentukan bisnis apa yang paling tepat untuk menangkap peluang yang besar ini. Sambil memikirkan bisnis yang akan diambilnya, Bezos pada saat itu merupakan salah satu pekerja di D.E. Shaw.

Bezos lulus dari Universitas princeston, di bidang Teknik Elekro dan Ilmu Komputer. Sebenarnya ia memilih jurusan tersebut adalah di luar rencananya. Semula ia memilih Princeston karena memiliki Departemen Fisika yang legendaris. Setelah lulus pekerjaan pertama yang dilakoninya adalah di Fitel, perusahaan yang baru berdiri yang membangun sebuah jaringan untuk menangani perdagangan keuangan internasional. Ia menghabiskan waktu sekitar 2 tahun di sana. Bagaimana sejarahnya Bezos berhasil mengambil manfaat dari ledakan dunia online tersebut ? Internet mulai menjadi wilayah perdagangan bebas sampai tahun 1994 yang dimuat oleh Departemen Pertahanan untuk menjaga jaringan komputer mereka agar bisa senantiasa berkomunikasi dalam hal pendeteksian serangan nuklir. Jaringan tersebut kemudian berevolusi menjadi sebuah jaringan yang menggabungkan lembaga penelitian di universitas dan pemerintah sehingga dapat bertukar pesan dan data melalui berbagai macam platform.

Pemerintah memutuskan untuk mengembangkan bisnis di Internet dan mengizinkan perusahaan swasta untuk ikut bergabung dan mengembangkan bisnis online ini. Bezos lalu melakukan penelitian terhadap perusahaan yang melakukan pemesanan lewat surat, dan membandingkan bahwa hal serupa dapat dilakukan dengan lebih baik secara online. Ia membuat daftar 20 produk terkemuka yang dapat dipesan lewat surat dan Bezos mengamati metode tersebut dapat memberikan nilai pelayanan terbesar kepada konsumen. Bezos menyadari bahwa ia harus membangun toko buku online sendiri. Pernah ia membicarakan gagasannya dengan MacKenzie. Hingga akhirnya pada tanggal 16 Juli 1995, Amazon.com membuka situnya ke seluruh dunia. Selama 30 hari masa percobaan, dengan tanpa publikasi, Amazon berhasil menjual buku ke 50 negara bagian dan 45 negara.

Selanjutnya, perusahaan ini tumbuh dan terus tumbuh. Amazon berkembang begitu cepat dan sangat mengejutkan Jeff Bezos. Pada bulan mei 1996, Amazon diulas pada halaman depan media Wall Street Journal. Dengan semakin berkembangannya Amazon memiliki beberapa cabang site di 6 negara, yaitu: Canada, United Kingdom, Germany, Japan, France, and China.
sumber : wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar

 

GABUNG YUK..!!!

mendulang rejeki dengan adsense Glow-Light-Woodmag is Modified by i-Biyan.com designed ipieton